Jadilah Orang Bodoh

Jadilah orang bodoh yang tidak terlalu memusingkan perlakuan orang lain pada dirinya. Jadilah orang bodoh yang saat orang lain mengucapkan kata-kata tidak baik, tidak terus dipikirkan. Jadilah orang bodoh yang saat mendapatkan penghinaan dari orang lain tidak tahu cara membalasnya, dan tidak menemukan kata-kata buat membalasnya.

Betapa indahnya jika Anda menjadi orang sebodoh itu. Orang lain menyindir Anda, karena Anda bodoh maka Anda santai-santai saja, hepy-hepy saja, tidak terlalu memikirkan kata yang orang lontarkan kepada Anda. Dan ketika Anda akhirnya tahu orang lain menghina Anda, Anda bodoh dan tidak menemukan kata-kata buat membalasnya, jadi Anda diam tidak membalasnya. Betapa indahnya.

Karenanya jadilah orang bodoh.
 
Jadilah orang bodoh yang saat bertemu dengan orang, bukan pamer pengetahuan yang Anda lakukan, melainkan bertanya, karena ingin mendapatkan pengetahuan dari kenalan baru Anda. Kemudian Anda dengarkan dengan khusyuk segala tuturan pengalamanya. 

Jadilah orang bodoh yang saat berbicara dengan orang Anda bahagia menjadi pendengar setia, sedangkan orang lain, Anda biarkan menuturkan pengetahuan dirinya sepuasnya, sehabisnya, sampai Anda benar-benar menemukan hikmah dari pengalaman yang diceritakannya. 

Jika otak Anda tak juga sanggup menjadi orang cerdas, maka jadilah orang bodoh.

Jadilah orang bodoh yang selalu butuh lebih banyak dan lebih banyak lagi membaca. Jadilah orang bodoh yang terus dan terus mencari bacaan, kemudian menikmati, membacanya sepenuh hati dan meresapkannya ke dalam pikiran, dan membiarkannya mengendap ke dalam jiwa hingga itu benar-benar menjadi bagian dari jiwa Anda.

Jadilah orang bodoh yang saat menemukan kekurangan pada diri orang lain, bukan mencelanya, melainkan merakan ketidaktahuan, bisa jadi kekurangannya itu suatu saat akan menjadi kelebihan.

Bodoh adalah kata unik, lucu, akan tetapi entah kenapa orang lebih suka menghindari daripada mengakuinya. Bodoh itu bagai anak monyet lucu, yang sebagian besar orang tak mau mengambilnya, padahal monyet itu cerdas luar biasa.

Kebodohan bukanlah kesalahan, karena yang salah adalah cara seseorang menempatkan kebodohan. Ketika kebodohan mampu seseorang tempatkan dalam posisi yang benar, maka kebodohan bisa menjadi sebuah kebenaran. Sebaliknya kecerdasan bukanlah sebuah kebenaran, jika seseorang salah dalam menempatkan kepintaran, dan kepintaran itu bisa menjadi sebuah kebatilan jika kepintaran itu salah dia tempatkan.

Related Posts:

2 Responses to "Jadilah Orang Bodoh"