Download Gratis Buku Novel Dunia Sophie


Novel inilah yang mengangkat Jostein Garder menjadi penulis kelas dunia. Sementara penulis lain menyajikan filsafat dengan bahasa teoretik, njelimet, dan memusingkan, atau terlalu banyak mengemukakan berbagai pendapat para ahli, Garder menyajikan filsafat dalam wajah ramah, melalui novel memikat, misterius, membuat orang penasaran, dan ingin terus membacanya dari lembar ke lembar sampai tuntas.

Garder menyajikan filsafat dengan bahasa yang mudah dicerna. Melalui sudut pandang seorang anak, filsafat terpaparkan dengan indah, sejak jaman awal sejarah hingga filosof mutakhir, dan Anda akan membaca bukunya seperti mengikuti sebuah dongeng, dongeng modern lebih tepatnya, yang lancar, penuh dialog sederhana namun mendalam. Anda akan dituntun buat bertanya dan bertanya, menggali dan menggali, berpikir dan berpikir, untuk menemukan kebenaran, seperti yang dikehendaki filsafat itu sendiri.

Uniknya, tokoh yang Garder gunakan dalam novelnya ini bukan orang dewasa, melainkan anak-anak. Begitu juga dalam novelnya yang lain, seperti Gadis Jeruk dan Misteri Solitaire, tokoh yang dia pasang selalu anak-anak. Itu karena menurutnya, filsuf sejati di muka bumi, bukan ahli filsafat dari Yunani, bukan pula profesor paling tua di sebuah perguruan tinggi, filosof sejati di muka bumi menurutnya adalah anak-anak. Pernyataan itu dia kemukakan dalam acara "Lebih Dekat dengan Jostein Garder" di Gramedia Jakarta, 11 Oktober 2011.

"Anak-anak itu menakjubkan, mereka tidak mengkategorikan filsafat." ucapnya menjelaskan. Begitu banyak pertanyaan anak yang sebenarnya filosofis. Pertanyaan kenapa belalai gajah panjang, tampaknya sederhana, namun jika coba dicari jawaban, dan diberikan penjelasan sejelas-jelasnya, pastinya dua halaman takkan pernah cukup. Pandangan ini jadi ciri khusus keunikan seorang Jostein. Saya yakin, Garder sangat sadar, apa yang menjadi pendapatkan bukanlah kebenaran yang harus dipegang orang, dia mengatakan demikian, hanya ingin memberikan sesuatu yang berbeda. Karena yang berbeda, biasanya lebih mudah menempel di kepala.

Cita-cita Jostein Garder luar biasa. Dia ingin jadi guru bagi lebih banyak orang di dunia. Dan hasratnya itu tercapai, dia jadi penulis, dan jutaan orang di seluruh dunia, menikmati karyanya. Orang rela membeli bukunya meski terbilang mahal. Saya membaca ini kurang lebih delapan tahun lalu, di sebuah perpustakaan desa kaki gunung, sebelah bawah kampung saya.

Saya sendiri, pertama kali menemukan karya Jostein Garder di rak seorang teman. Bukan Dunia Sophie, tapi buku lain, yang juga tak kalah memikat, yaitu "Misteri Soliter", yang mengungkat bergagai rahasia di balik, setiap gambar kartu remi. Saya hanya membaca buku itu sekilas, waktu itu jilidnya kuning, entah terbitan sekarang jilidnya bagaimana. Dalam buku itu disebut-sebut, bahwa Jostein Garder adalah seorang penulis buku Best Seller Dunia Sophie, namun saya tidak tahu, di mana saya bisa membacanya. 

Dan menyenangkan, ternyata kemudian saya menemukan buku ini dalam bentuk PDF, hasil download sari sebuah blog entah apa saya sudah lupa namanya. Luar biasa besar kapasitasnya, menandakan ini memang sebuah buku tebal.  Buku itu saya simpan, dan jika posting blog, selalu saya bagikan. Dan karena postingan lama sudah saya hapus, sekarang, kembali saya akan membagikannya buat Anda.

Silakan download saja novelnya  DI SINI

Related Posts:

9 Responses to "Download Gratis Buku Novel Dunia Sophie"