Download Gratis Buku Audio Anak Berjudul "Si Paser"

Wah hari sudah siang nih, sebetulnya saya harus cepat ke sekolah. Namun masih sungkan, masih ada satu lagi yang ingin saya posting di blog ini. Gara-garanya sih kemarin. Seorang teman facebook menelfon saya, dia berbagi lintasan pikirannya yang terus bernostalgia kepada masa lalu sewaktu dia masih di kampung kumpul dengan keluarganya. Sebut saja teman facebook saya ini Sumi. 

Sumi sekarang tinggal di kota, menjadi staf administrasi pada sebuah sekolah. Dia terkenang kepada masa kecil waktu sering disuruh ibunya pergi ke sawah mengantarkan makanan. Sering nyasar, karena Si Bapak tidak jelas kerja di kebun mana. Maka sering kesiangan dan terlambat mengantarkan makanan, dan sering kena marah. 

Pesawahan itu tidak diperlakukan sebagai sawah. Si Bapak menanaminya dengan beragam sayuran seperti terong, kacang panjang, kangkung, bayam cabut, cabe, dan berbagai tanaman palawija lainnya. Sedangkan beras mah beli dari pasar, dari hasil penjualan sayur-sayuran itu.

Karena makan di sawah itu terasa nikmat, maka selain makan buat sang ayah, Sumi pun membawa juga makanan buat dirinya. Nasi dengan beberapa lauk sederhana. Dan kalau tak ada lauk, dengan garam pun cukuplah. Dia makan dengan garam, dan enak sekali rasanya, sambil menikmati indahnya pemandangan hijau palawija. 

Si Ayah suka menceritakan banyak hal. Misalnya sambil menunjuk petakan tanah yang sudah dirimbuni kangkung cabut, si ayah menceritakan itu kangkung benihnya dari mana, hasil uang apa, pupuknya dari mana, kemudian nantinya akan dijual ke mana, uang hasilnya mau dipakai apa, namun yang buat Sumi jengkel, si ayah sering menceritakan keluhan-keluhan dia tentang ibunya. Sumi tak berani menyela, karena itu bisa menyinggung perasaan si ayah. Dia biarkan saja, sambil hatinya menyesali, mengapa si ayah mengeluhkan ibunya. Dia mengeluhkan kelelahan dirinya, ah, kan memang sama-sama lelah. Umi pun lelah di rumah mengurus anak-anaknya yang banyak, mengurus urusan rumah, belum lagi pengajian anak-anak, kadang sambil mengajar ngaji Umi masih menghadapi nasi panas yang dia dinginkan dengan hihid/kipas bambu.

Ah jadi kok jadi nggak enak ujungnya. Padahal inti dari yang Sumi ceritakan adalah kenangan, keindahan masa dia suka mengantarkan nasi ke sawah.

Waktu cerita ini dia perdengarkan, saya menanggapi bawah saya pun punya cerita indah mengenai pemandangan di sawah. Ini rekaman cerita anak dalam Bahasa Sunda, tentang seorang anak yang ikut bapaknya kerja di sawah, ada tanaman jagung, kemudian merebus jagung. Di tengah pemandangan indah, nikmat nian rasanya, Jagung manis hasil dari metik langsung. Betapa nikmatnya.

Dongeng ini karya Pak Haji Tatang Sumarsono.
Jika Anda mau, silakan tinggal ambil saja di sini:

1. Si Paser 1

Related Posts:

0 Response to "Download Gratis Buku Audio Anak Berjudul "Si Paser""

Post a Comment