Cara Mudah Membuat Anak Keranjingan Buku

Sebenarnya tidaklah susah
Membuat anak keranjingan baca buku
Saya sendiri sudah buktikan, membuat anak mencintai buku
Hanyalah dengan membuat anak itu berada di lingkungan banyak buku
Dan memperlihatkan kita mencintai buku, maka dengan sendirinya, si anak akan keranjingan buku

Teringat kepada seekor anak kambing
Yang ditinggal mati induknya waktu masih bayi, waktu itu
Karena tidak bisa menyusu, kandangnya disediakan air bekas membersihkan adonan bolu kukus, dan karena tidak ada lagi minuman, dia meminumnya, dan karena terus-menerus meminum cairan semacam itu, dia jadi kebiasaan. Lama-lama dia jadi rakus dengan air bekas membersihkan adonan itu, sampai-sampai, suatu hari dia kekenyangan, perutnya kembung besar sekali.
Begitulah si kambing
Cukup mendekatkannya dengan minuman sisa adonan bolu
Dia keranjingan minuman itu,
Sama halnya dengan cara membuat anak keranjingan buku
Cukup buat lingkungan si anak banyak buku sambil, kitanya suka kepada buku


Awal saya membuka sekolah ini misalnya
Saya tinggal sekamar dengan anak yang tidak punya kebiasaan membaca
Kemudian mereka bergaul dengan saya
Seorang gila buku
Yang setiap hari bergaul dengan buku
Datang dari mana saja membawa buku, pergi ke mana saja bawa buku
Baca buku, pegang buku, beli buku, jual buku, nulis tentang buku,
Dalam lemari penuh buku, di atas lemari banyak buku, di atas meja, di kolong meja, di samping meja
Maka
Tanpa harus saya suruh
Tanpa harus saya motivasi pun, dengan sendirinya mereka mencintai buku
Contohnya saja si Eno, sekarang sedang menggarap novel "Dzikir Ilalang" karya Andi Bombang yang super tebal itu. Dan juga Si Dadan, sedang tertawa-tawa membaca novel "Pendawa: Pendamping Idaman Wanita" karya Muh. Rio Nisafa


Teringat juga kepada Si Zulfa
Putrinya sulung Pak Wawan, sekarang sudah kuliah
Waktu kecilnya saya tahu, tak kelihatan dia suka membaca buku
Lama tidak ketemu dengannya, sekarang setelah besar, saya ke rumahnya lagi, lemarinya sesak dengan buku.
Mengapa?
Karena sejak kecil
Lingkungannya dibuat banyak buku
Bapaknya suka buku, ibunya cinta buku, lemarinya banyak buku


Jadi menurut saya
Cara termudah buat anak keranjingan membaca buku
Adalah dengan, mengalokasikan anggaran bulanan Anda buat buku
Kemudian, menjadikan rumah Anda lautan buku,
Penuh dengan apa lemari Anda?
Bukankah lebih keren jika setiap ruangnya sesak barisan buku?
Ada apa di kolong meja ruang tamu Anda?
Bukankah lebih menarik jika di sana tersedia buku?
Oh ya, itu dinding rumah ada foto wisuda besar, masa sih di bawahnya cuma patung anjing dan bunga?
Barisan buku donggggggg................

Related Posts:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Anak Keranjingan Buku"

Post a Comment