Adakah Gila Buku Anda Separah Saya?

Adakah gila buku Anda separah saya?
Buku-buku saya beli, pinjam, dan kumpulkan di kamar, namun membacanya?
Sangat jarang.
Padahal buku itu sangat bagus, menggugah dan bermanfaat.
Padahal ketika saya membacanya, isi buku ini langsung meresap, dalam, dan mengesankan.

Misalnya ini tengah malam,
Terbangun,
Kemudian, karena tidur selalu dekat buku,
Saya dapati sebuah buku tebal di samping kepala
Sembarangan saya buka, dan langsung terbaca, sebuah kisah mengesankan, dari mutiara hadits Nabi, tentang ketabahan orang tua yang ditinggal mati anaknya.

Adalah anak Abu Thalhah, merintih karena sakit, dan saat itu Abu Thalhah sedang keluar rumah.
Kemudian anak itu meninggal dunia.
Ketika Abu Thalhah pulang, dia bertanya kepada istrinya, Ummu Sulaim: "Bagaimana keadaan anakku?"
"Ia tenang seperti sedia kala" yang Ummu Sulaim maksudkan adalah meninggal dunia, sedangkan Abu Thalhah memahaminya sudah kembali sehat.

Kemudian Ummu Sulaim menyediakan makan malam.
Setelah itu dia berhias diri lebih indah dari biasanya sehingga Abu Thalhah menggaulinya.
Setelah dia rasa suaminya tenang dan puas melepas kerinduan kepadanya, barulah dia sampaikan, dengan kata-kata indah bercabang-cabang, "Wahai Abu Thalhah, bagaimana pendapatmu jika suatu kaum meminjamkan pinjaman mereka, apakah yang diberi pinjaman berhak menolak mereka jika ditagih?"
"Tidak," jawab Abu Thalhah.
"Anakku telah meninggal, maka mohonlah pahala dari Allah."
Abu Thalhah kaget.
Seperti disambar geledeg.
Maka dengan geram, Abu Thalhah berkata:
"Engkau telah membiarkan aku. Hingga setelah aku junub karena menggaulimu, barulah engkau beritahukan tentang anakku."
Abu Thalhah bergegas menuju rumah Rasulullah, memberitahukan apa yang telah terjadi padanya, perbuatan istrinya, meminta nasihat.
Rasulullah membenarkan apa yang telah dilakukan Ummu Sulaim
Rasulullah Sallallahu alaihi wasallam berdoa, "Semoga Allah memberkahi malam kamu berdua."
Dan demikianlah, kemudian Ummu Sulaim mengandung anak, dan melahirkan seorang anak yang diberi nama Abdullah.
Kemudian dari Abdullah, lahir tujuh orang anak yang kesemuanya membaca Al-Qur'an, sebagai tanda dikabulkannya doa Rasulullah untuk Abu Thalhah dan istrinya.

Setelah menuturkan kisah ini,
Abdullah Nashih Ulwan, penulis buku tebal ini berkata,
"Tidak diragukan lagi, bahwa jika iman kepada Allah telah meresap ke dalam kalbu seorang mukmin,
maka darinya akan menciptakan keajaiban-keajaiban.
Karena iman itu,
Bisa mengubah seorang lemah menjadi kuat,
Pengecut jadi pemberani,
Bakhil menjadi dermawan, dan gelisah menjadi tenang.

Sangat memikat.
Buku ini sangat memikat, namun sayang, sebagian besar buku memikat ini cuma saya kumpulkan.
Sedangkan membaca, sangatlah jarang.
Waktu saya habis buat facebookan, dan memposting blog dengan tulisan asal-asalan.

Dari sini ketahuan,
Ternyata kecintaan saya terhadap buku, bukan karena saya mencintai ilmu
Gila saja, kerjaan mengumpulkan buku, selalu dekat dengan buku, ke mana-mana membawa buku,
Namun cuma candu, tanpa berusaha mengambil manfaat semaksimal mungkin dari buku itu.

Related Posts: