Bagaimana Supaya Hidup Anda Merdeka?

Maukah Anda menjadi orang yang kerjanya disuruh-suruh?
Tidak bebas mengikuti kehendak sendiri, hidup berada di bawah telunjuk orang, maukah?

Kalau tidak, Anda harus menjadi orang merdeka

Bagaimana caranya supaya hidup merdeka?
Untuk mengetahui bagaimanakah caranya supaya hidup merdeka, belajarlah dari saya
Sekarang hidup saya tidak bebas,
Saya tinggal di rumah orang, numpang makan dan segala macam
Maka orang tempat saya numpang tinggal ini bisa menyuruh saya seenaknya
Kepentingannya berada di atas kepentingan saya, dan kepentingan saya harus dikebelakangkan dan mengedepankan kepentingannya.
Jika saya sedang kerja dan kemudian beliau datang, memberikan sebuah tugas
Pekerjaan saya harus tertunda, dan mendahulukan tugas darinya
Sama sekali tak bisa menolak, hidup saya benar-benar tidak merdeka, dan saya tidak punya kebebasan menggunakan waktu buat sepenuhnya kepentingan saya.

Mari kita belajar
Mengapa sebegitu menyedihkan nasib saya
Mengapa hidup saya tidak merdeka?

Sebabnya satu saja
Karena saya tidak memutuskan buat merdeka
Setelah keluar kerja dari sebuah perguruan tinggi, padahal tadinya saya punya niat ingin mandiri
Dengan menjadi penjual buku online via facebook
Eh malah mau-maunya diajak kerja oleh orang lain, katanya menjadi bagian tata usaha

Padahal, jika saja saya mau, saya sangat bisa hidup merdeka
Diam di perpustakaan kota, bebas membaca di sana, sambil online, dan mengandalkan penghasilan saya dari menjual buku via online.
Dan buat memperlancar usaha, saya bisa memberlakukan sunnatullah memperlancar usaha dengan sedekah
Sudah merupakan keyakinan bersama sedekah bisa melancarkan usaha, maka jika saya mau, sangat bisa jika saya usaha menjual buku online, dan cara memperlancarnya cukup dengan banyak sedekah.

Namun beginilah saya
Tidak memutuskan diri hidup merdeka
Jadi begitulah juga Anda, ketika tidak memutuskan diri untuk hidup merdeka
Ya takkan merdeka juga buat seterusnya


Karenanya jika ditanya
Bagaimana caranya supaya hidup merdeka?
Maka jawabannya sangatlah mudah, putuskanlah buat merdeka, dan setelah itu, berjuanglah buat mempertahankan kemerdekaan Anda, dengan kerja fokus, kerja keras, dan kerja tak kenal lelah.
Sebagaimana Indonesia, 17 Agustus 1945 memutuskan buat merdeka
Dan setelah itu, darah mengalir dan nyawa melayang untuk mempertahankan kemerdekaannya

Related Posts:

0 Response to "Bagaimana Supaya Hidup Anda Merdeka?"

Post a Comment