Buang Waktu Kalau Tulisan Semacam Ini Masih Anda Baca


Apa?
Tulisan semacam ini mau Anda baca?
Saya sampai geleng kapala. Anda ini bagaimana, kayak tidak punya kerjaan aja
Masih banyak tulisan lain lebih berguna, bermanfaat, bermartabat
Ini tulisan tidak berharga,
Tinggalkan!
Karena saya, hanya akan menulis tentang keset
Iya, keset
Anda tahu kan keset?
Bahasa Inggris dari keset adalah "wellcome"
Lihat saja banyak keset depan pintu bertuliskan "wellcome"

Keset
Adalah barang hina
Keset adalah kosa kata hina
Dia barang hina karena nasibnya diinjak-injak
Dia juga kosa kata nan hina, karena dia, sering dipakai melukiskan nasib seseorang, yang hidupnya, hanya jadi sasaran pelecehan orang lain. Kalau di perusahaan, biasanya, orang bernasib keset, paling rajin dikambinghitamkan

Tapi dibalik kehinaannya,
Keset sangat berguna, dan tulisan ini, adalah penghargaan saya untuknya
Setelah saya sendiri mengalami
Kejadian, yang memaksa saya mengakui keset, sebagai benda, yang sangat berharga
Bukan mengagung-agungkan, bukan mengada-adakan
Saya
Berkata apa adanya
Karena, saya sendiri mengalami, benda bernama keset itu sangat berarti

Mulanya, saat saya melepas sandal, naik teras dan melankah menuju kantor
Menengok ke bawah, tapak kaki saya, membekas pada keramik
Keramik putih
Dan hati saya, sangat tak enak, terutama kepada para siswa
Yang setiap hari,
Dengan tekun mengepelnya
Paling malu kalau pagi, tepat saat mereka ngepel, dan saya naik teras, lewat,
Langkah demi langkah kaki meninggalkan ini tapak, mirip ceker ayam.
Kasihan mereka sudah cape-cape ngepel, saya lewat di sana, bekasnya begitu jelas, seakan saya, sangat tak berperasaan.
Saya merasa sangat bersalah.
Sampai-sampai sambil melangkah, di depan anak-anak, saya mengutuki diri saya: "Betapa memalukannya tapak kaki saya."

Ini masalah
Sangatlah masalah

Dan kemudian, siapakah yang menjadi pahlawan?Keset.
Selembar baju belang lusuh, saya relakan
Setelah dia ada, aib tapak kaki saya, disembunyikannya
Dari sinilah, ketika saya sadar, selembar keset sebenarnya menjaga keindahan teras rumah,
Saya memandang, keset itu benda yang sangat berharga

Related Posts: